Selasa, 04 Mei 2010

'Mourinho Pelatih Hebat, Contoh yang Buruk'

Milan - Meraih sukses besar bersama Chelsea dan Inter Milan kini, Jose Mourinho masuk jajaran pelatih top dunia. Tapi dengan segala perangainya, pria Portugal itu jelas bukan contoh untuk ditiru.

Demikian diungkapkan legenda sepakbola Belanda yang sekaligus menjabat presiden kehormnatan Barcelona, Johan Cruyff. Setelah sukses mengantar Chelsea mematahkan dominasi Manchester United serta Arsenal di Liga Inggris, Mourinho kini berdiri di ambang sejarah Inter menyusul keberhasilan masuk final Liga Champions.

Bukan itu saja, hingga kini Nerazzurri bahkan masih berpeluang meraih Treble Winners. Raihan hebat yang sangat mungkin terwujud karena mereka kini masih berdiri di puncak klasemen Seri A dan sudah masuk final Coppa Italia.

Tapi seperti publik sepakbola dunia sudah hapal betul, Mourinho punya sisi lain di samping kehebatannya meracik strategi tersebut. Perangai serta tindak-tanduknya yang kerap mengundang kontroversi menjadi semacam 'sisi gelap'. Demikian diungkapkan Cruyff.

"Saat Anda mendapatkan sebuah status atau tanggung jawab yang lebih tinggi untuk memenangi pertandingan, (maka) sepakbola tak cuma sekadar hasil akhir. Itu mengajari para pemuda bagaimana bertindak dan menghormati orang lain," seru Cruyff seperti dikutip dariMarca.

Sejak masih menetap di Stamford Bridge hingga kini tinggal di Giuseppe Meazza, Mourinho tak lepas dari kontroversi. Musim ini misalnya, dia terpaksa dapat hukuman dari FIGC menyusul bahasa tubuh diborgol setelah merasa dikecewakan wasit dalam laga di Seri A.

"Dia pelatih hebat tapi menjadi contoh yang buruk. Ada yang lebih penting dari sekadar kontroversi atas sebuah hasil pertandingan, itu adalah nilai-nilai olahraga. Kita harus mendidik orang-orang muda saat menang," pungkas Cruyff.

( din / nar )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar