Selasa, 04 Mei 2010

Mourinho, Antara Scudetto dan Napoleon

Roma - Perpaduan tanggal 5 Mei dan Stadion Olimpico pernah mendatangkan mimpi buruk buat Inter Milan. Jelang final Copa Italia di venue yang sama, yang diingat Jose Mourinho justru Napoleon Bonaparte.

Malam nanti Inter Milan akan mencoba meraih trofi pertama, dari target treble winners, saat menghadapi AS Roma di final Coppa Italia. Ambisi meraih kemenangan atas I Luppi terancam tambah sulit karena laga akan dilangsungkan di Olimpico, yang merupakan kandang Francesco Totti cs.

Jelang laga tersebut kubu Inter pun diingatkan kembali dengan sebuah peristiwa pahit yang terjadi delapan tahun lalu saat gagal meraih Scudetto di pekan pamungkas Seri A. Uniknya momen tersebut tepat terjadi di tanggal 5 Mei dengan venue juga di stadion terbesar di Ibukota Italia itu.

Saat itu Inter berdiri di puncak klasemen jelang pekan terakhir kompetisi dengan keunggulan satu poin atas Juventus. Namun di laga pamungkas Nerazzurri justru bertekuk lutut 2-4 saat menyambangi Lazio, sementara dalam laga lain Bianconeri membawa pulang poin penuh usai menang 2-0 atas Udinese.

Titel juara yang sudah di depan mata Inter akhirnya kembali menguap. Juventus berdiri di puncak klasemen dengan poin 71, sementara Inter dengan nilai 69 turun ke posisi tiga, disalip Roma yang pada laga lain menang dan duduk di posisi dua (70).

Saat diingatkan wartawan soal moment tersebut, Jose Mourinho, seperti biasanya, tak mau ambil pusing dengan hal tersebut. Soalnya yang dia ingat soal tanggal 5 Mei adalah hari tewasnya ahli politik dan militer asal Prancis, Napoleon Bonaparte.

"Satu-satunya hal yang saya ingat, tanggal 5 Mei adakah hari di mana Napoleon meninggal. Saya tak lahir sebagai fan Inter Milan dan saya tak mengikuti sejarah mereka. Buat saya, arti tanggal 5 Mei ya itu saja," seloroh Mourinho seperti dikutip dari AFP.

Laga dinihari (WIB) nanti adalah yang kedua dilakoni Inter di Stadion Olimpico setelah akhir pekan lalu mereka menantang Lazio di tempat yang sama. Meski diselimuti kontroversi, saat itu Zavier Zanetti dkk memetik kemenangan dengan skor 2-0.
( din / a2s )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar